Selasa, 07 Juli 2009

Tulisan ini saya kutip dari buku Math Wonders to Inspire Teachers and Students karya Alfred S. Posamentier. Saya mencoba menerjemahkannya sendiri dengan modal bahasa Inggris yang pas-pasan, jadi mungkin tidak begitu enak untuk dibaca karena pilihan-pilahan katanya tidak begitu tepat.
Selamat membaca!

Keindahan Pada Bilangan
Kita telah terbiasa melihat angka-angka di dalam tabel atau meja pada halaman berita olahraga atau bisnis dari suatu surat kabar. Kita menggunakan angka-angka secara terus-menerus di dalam pengalaman hidup kita sehari-hari. Baik untuk mewakili suatu kuantitas atau untuk menunjukkan sesuatu seperti jalan, alamat, atau halaman. Kita menggunakan angka-angka tanpa pernah meluangkan waktu untuk mengamati beberapa sifatnya yang luar biasa. Seperti halnya kita tidak berhenti untuk mencium bunga-bunga saat kita berjalan pada suatu kebun, suatu ungkapan yang mengatakan bahwa “luangkan waktu untuk mencium wangi bunga mawar.” Memeriksa sifat-sifat bilangan yang luar biasa membutuhkan usaha dan apresiasi yang lebih mendalam terhadap simbol/lambang yang kita semua sering kali temui dan akui fakta kebenarannya.

Para siswa terlalu sering diajarkan matematika sebagai suatu hal yang mengeringkan dan sebatas intruksi-intruksi mata pelajaran. Sebagai guru, kita mempunyai suatu kewajiban untuk membuatnya lebih menarik. Untuk menunjukkan beberapa keanehan bilangan akan membawa suasana yang baru terhadap materi atau subjek yang dipelajari. Hal itu akan membangkitkan suatu respon yang “wah” dari para siswa. Itulah sebaiknya yang harus dicapai, buat mereka penasaran tentang materi yang dipelajari, dan motivasi mereka untuk “menggali” lebih jauh lagi.

Tidak ada komentar: