Selasa, 07 Juli 2009

Kekuatan Hubungan Yang Luar Biasa

Sistem bilangan kita memiliki banyak sekali keistimewaan luar biasa yang tersusun di dalamnya. Menemukan mereka tentu saja dapat menjadi suatu pengalaman yang bermanfaat. Banyak siswa yang perlu dibujuk untuk mencari hubungan-hubungan tersebut. Inilah tempat dimana guru harus hadir bagi para siswanya.

Anda bisa menceritakan kepada mereka tentang tokoh Matematika yang sangat terkenal Carl Friedrich Gauss (1777-1855), seorang yang memiliki kemampuan aritmatika yang sangat ulung untuk mencari hubungan-hubungan dan pola-pola yang tidak dicapai oleh akal yang paling cerdas pun. Dia menggunakan keahlian-keahlian yang tidak begitu cerdik ini untuk memperkirakan dan membuktikan banyak teori Matematika yang sangat penting. Berikan siswa-siswa anda suatu kesempatan untuk menemukan hubungan-hubungan itu. Jangan mengecilkan hati terhadap penemuan-penemuan yang sepele, karena itulah yang akan mengantarkan mereka menuju kepada hasil-hasil yang besar nantinya.

Tunjukkan mereka hubungan-hubungan berikutnya dan mintalah mereka untuk menggambarkan apa yang terjadi selanjutnya di sini.

(maaf, file lengkapnya tidak saya cantumkan di sini, karena ada beberapa format word yang tidak bisa digunakan di facebook, jika anda berminat silahkan kirim email alamat email saya, anda akan mendapatkan file dalam bentuk PDF)

Tidak ada komentar: