Sabtu, 28 Maret 2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tematik
Kelas/ Semester : II/ 1
Tema : Mengenal dunia hewan dan tumbuhan
Minggu/hari : I/Senin
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit

STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Pendidikan Kewarganegaraan:
SK : Menampilkan sikap cinta lingkungan
KD : Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan hewan
Indikator : Siswa menjelaskan pentingnya mengenal dunia hewan.
Siswa mengidentifikasi jenis-jenis hewan.
Siswa memberikan contoh hewan yang ada di lingkungan sekitar.

Bahasa Indonesia:
SK : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, deklamasi
KD : Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
Indikator : Siswa menggunakan kata tanya apa, di mana, siapa, mengapa, bagaimana dalam kalimat tanya.
Siswa bertanya kepada orang lain dengan sopan.

Ilmu Pengetahuan Alam:
SK : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
KD : Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
Indikator : Siswa menyebutkan bagian-bagian utama hewan.
Mewarnai gambar hewan dan menuliskan bagian-bagiannya.

Seni Budaya:
SK : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KD : Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
Indikator : Siswa mewarnai gambar binatang dengan menggunakan cat air
Siswa menyanyikan lagu anak-anak secara bersama

METODE PEMBELAJARAN
 Inkuiri
 Demonstrasi
 Tanya Jawab
 Ceramah Bervariasi

ALAT, MEDIA, DAN SUMBER
 Kartu nama bagian utama hewan
 Gambar hewan dan lingkungan sekitar

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Pembukaan (1 X 35 menit)
1. Berdoa bersama.
2. Menyanyi lagu “Naik Delman” sambil bertepuk tangan.
3. Guru meminta beberapa anak untuk menyebutkan hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarnya (rumah).

B. Kegiatan inti (2 X 35 menit)
1. Guru memperlihatkan gambar lingkungan sekitar dan menanyakan pendapat siswa mengenai gambar tersebut. (hal ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari siswa (pemahaman siswa) mengenai gambar.
2. Guru menceritakan secara lengkap tentang gambar tersebut, sehingga siswa mendapatkan informasi yang jelas tentang gambar.
3. Guru meminta beberapa siswa untuk menceritakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan di rumah (2-3 orang siswa).
4. Setelah seorang siswa menceritakan kegiatan sehari-harinya, guru bisa meminta siswa yang lain bertanya untuk menggali informasi lebih lanjut atau hal yang belum jelas kepada siswa tersebut. (guru memberikan contoh atau bimbingan bagaimana bertanya dengan menggunakan pilihan kata yang tepat, baik, dan sopan).
5. Selanjutnya, guru menempelkan sebuah gambar hewan di papan tulis, lalu meminta beberapa siswa untuk menunjukkan bagian bagian utama hewan tersebut. (siswa mengambil kartu nama bagian bagian utama hewan dan menempelkannya di gambar tersebut).
6. Guru membagikan kepada setiap siswa gambar hewan untuk diwarnai.
7. Setelah semua siswa selesai mewarnai gambarnya, guru meminta kepada setiap siswa untuk menulis bagian-bagian utama hewan di gambarnya. (guru berkeliling untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya).
C. Penutup (1 X 35 menit)
1. Guru menjelaskan tentang pentingnya memelihara dan menyayangi hewan dan tumbuhan sebagai bentuk pelestarian lingkungn sekitar.
2. Guru menyampaikan pesan pesan moral kepada siswa, misalnya ”Jagalah Kebersihan”.
3. Berdoa bersama.

PENILAIAN:
 Sikap
 Unjuk kerja
 Produk

Tidak ada komentar: