Jumat, 23 Januari 2009

Ma'rifah adalah awal dari segalanya

Sebuah ungkapan yang sering kita dengar dan tak asing di telinga kita, yakni “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Begitulah ungkapan tentang bagaimana cinta bisa tumbuh dan bersemi dalam jiwa yang selalu merindukan tambatan hati untuk mencurahkan rasa cinta dan rindu yang Allah anugerahkan bagi tiap insan di muka bumi ini. Kandungan maknanya sangat menarik untuk dipahami dengan kejernihan pikiran. Secara tak langsung, ungkapan tersebut menegaskan pentingnya pengenalan sebagai starting process bagi tumbuhnya rasa cinta dan berseminya rasa rindu.
Ma’rifah (mengenal) merupakan awal berseminya rasa cinta. Tiada cinta tanpa ma’rifah. Cinta adalah salah satu jalan menuju suatu perubahan. Tidak sedikit sikap dan perilaku seseorang berubah menjadi baik oleh karena cinta. Begitupun sebaliknya, tidak sedikit pula sikap dan perilaku seseorang berubah menjadi buruk karena masalah yang satu ini, yaitu cinta. Semua anak manusia diakui atau tidak, siapapun dia dapat dipastikan membutuhkan cinta. Pertanyaannya, kepada siapa dan bagaimana model cinta yang bisa membawa kita menuju kepada suatu perubahan yang baik dan memperoleh kebahagiaan yang hakiki, dunia dan akhirat. Jawaban bagi seorang mukmin tiada lain adalah “Cinta Ilahi” yang mesti diraihnya walaupun dengan tertatih-tatih. Karena Dialah yang menjadi tambatan hati, penyejuk jiwa, tumpuan harapan, dan yang selalu dirasakan kehadiran-Nya di segala keadaan. Di kala kita bahagia hadir, di kala menderita mencoba menyapa, hanya Dialah yang selalu teringat untuk menjadi curahan segala rasa yang terpendam dalam jiwa. Rasa cinta dan rindu yang menggelora untuk selalu ingin berjumpa dengan-Nya Allah Sunhaanahu wa Ta’ala, kekasih sejati bagi para pencari cinta hakiki.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ass.. Om Nickas, ana baru sadar bahwa cinta yang sesungguhnya adalah cinta meraih 'Ridho Ilahi'. Therefore,tambah lagi doong pembahasannya masalah cinta kepada Allah + cinta kepada Sesama manusia, ana mau Om Nickas adil dalam pembahasan Ini. "love is like red-red roses" setuju ga klo ni jadi permintaan pembaca setiamu. lois and Al-Ikhlas Krue. selamat berjuang